Selasa, 26 September 2023

TOKOH PENEMU IPTEK

 PROFIL PENEMU TELEVISI J.L. BAIRD DAN C.F. JENKINS DALAM PERKEMBANGAN IPTEK


1. Profil J.L. Baird

 


Nama lengkap    : John Logie Baird

Tanggal lahir       : Britania Raya, 1888-1946

penemu                : Teknologi televisi

Meninggal            : 14 Juni 1946,Britania Raya

Di kenal atas        : Salah satu tokoh perintis dalam 

                               penemuan perangkat televisi.

Almamater           : Royal Technical College



Televisi merupakan media komunikasi dan juga informasi yang perkembangannya cukup pesat dari dulu hingga sekarang yang dimana pertama kali televisi di temukan oleh J.L. Baird dan C.F. Jenkins yang dimana layar masih hitam putih dan dengan perkembangan zaman sekarang televisi sudah berkembang dengan adanya warna bahkan sekarang berkembang menjadi televisi digital yang menggunakan alat bantu berupa Set Top Box.

Kira-kira kalian tahu ngga sih siapa penemu televisi? Yuk simak artikel berikut!!!

Logie Baird (1888—1946) adalah penemu yang pertama kali menunjukkan bahwa citra visual dapat ditransmisikan.

Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pewawat penerima yang berjarak beberapa meter. Pada Januari 1925 dia mendemonstrasikan televisi di depan umum di Royal Institute di London. Ini adalah peragaan televisi paling awal.

Ia mendemonstrasikan penemuan televisi pertama kali pada 26 januari 1926. Tak berhenti di sana,john logie bair adalah penemu dari televisi berwarna di tahun 1928 yang merupakan hasil perkembangan temuanya.

2. Profil Charles Francis Jenkins




Charles Francis Jenkins (22 Agustus, 1867 – 6 Juni, 1934) seorang pelopor Amerika awal bioskop dan seorang salah satu penemu televisi, meskipun pengalamannya lebih banyak pada bidang mekanik. Perusahaannya memasukkan Charles Jenkins Laboratories dan Jenkins Television Corporation.


Beliau dibesarkan di dekat Richmond, indiana dan dan sekolah di sana. Pada tahun 1890 ia pergi ke washington DC untuk bekerja sebagai stenografer. Ia mulai bereksperimen dengan film pada tahun 1891, dan akhirnya dia berkonsentrasi penuh dalam perkembangan proyektor film sendiri, yakni phantoscope.

Dia diterima sebagai seorang dokter kehormatan di bidang ilmu dari Earlham college, Richmond, indiana, almamaternya. 


Jenkins dilantik menjadi penemu nasional hall of fame pada tahun 2011. Charles Francis meninggal pada usia 66 tahun di washington, DC ia di makamkan di Rock Creek Cemetery. 

( sumber: en.wikipedia.org )


• Prestasi dan penghargaan charles jenkins dan j.l baird


Jenkins mendapat penghargaan berupa Medali Emas Elliott Cresson untuk prestasi ilmiah pada tahun 1897 dan Scott Medal pada tahun 1913 oleh Franklin Institute & Science Museum-Philadelphia.

Dia seorang pendiri dan presiden pertama dari Society of Motion Picture Engineers (sekarang termasuk televisi, SMPTE).

Jenkins menulis beberapa buku yang sangat populer termasuk Vision Oleh Radio, Radio Foto-foto, Radio fotogram dan The Boyhood dari Inventor, serta banyak artikel yang berfokus pada penemuannya, yang diterbitkan dalam berbagai majalah nasional.

( blogpenemu.blogspot.com )



PROFIL PENEMU KAMERA EDWIN LAND


Meski di era yang dimana teknologi semakin berkembang pesat salah satunya dalam bidang kamera masih menghiasi dunia fotografi hingga kini. Tokoh di balik yang langsung menghasilkan cetakan foto ini adalah EDWIN LAND.

Dia memberikan berbagai macam penemuan yang berhubungan dengan kamera yaitu teori retinex untuk penglihatan warna,dan foto instan dalam kamera.


3. Profil Edwin Land





Mempunyai nama lengkap Edwin Herbert Land, Lahir pada 7 Mei 1909 di bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat. Edwin merupakan keturunan yahudi Eropa Timur dan berpendidikan di sebuah sekolah swasta yaitu di Norwich Free Academy. Setelah lulus SMA, dia melanjutkan ke universitas harvard pada 1926 dan dia mengambil major kimia. Nah dari situlah edwin tertarik dengan cahaya polarisasi, di mana semua sinar sejajar di bidang yang sama. 

Kegiatannya menghasilkan pengembangan apa yang di sebutnya lembar polaroid J, yang merupakan terobosan baru dalam teknologi polarisasi cahaya. Bersama profesornya itu, George Wheelwright, dia mendirikan laboratorium Land-Wheelwright untuk melanjutkan studi pada tahun 1932. Teknologi yang di kembangkan Land dapat di aplikasikan atau di gunakan dalam berbagai manfaat seperti dalam produksi kacamata hitam dan pewarnaan animasi.

Sebagai seorang manajer, Land dikenal memiliki kebijakan unik seperti mempekerjakan perempuan dan warga minoritas untuk posisi manajemen dan penelitian. Meski di keluarkan pada 25 tahun sebelumnya, Harvard university memberinya penghargaan doktor kehormatan pada tahun 1957.

Pada 1980, Land memilih untuk pensiun sebagai kepala eksekutif polaroid, namun masih aktif dalam berbagai penelitian cahaya dan warna bekerja sama dengan Rowland Institute of science. Lembaga itu merupakan pusat yang didirikan Land pada tahun 1960 dan di dukung oleh Rowland Foundation.

KEMATIAN

Edwin Land meninggal pada 1 maret 1991, pada usia 81 tahun, di cambridge, Massachusetts, dan di makamkan di Mount Auburn Cemetery. Setelah kematiannya, assiten Land menghancurkan surat-suratnya, meninggalkan celah dalam catatan sejarah kehidupan Land dan perkembangan Perusahaan Polaroid.

( https://internasional.kompas.com )


Sekian artikel dari dina astri pratiwi kelas XII IPS 3 yang telah membuat artikel mengenai profil penemu pada IPTEK semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang sudah membaca, terima kasihh.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS