Selasa, 26 September 2023

Perkembangan IPTEK dalam bidang komunikasi

Perkembangan IPTEK Komunikasi sejalan dengan perubahan zaman


IPTEK yang merupakan singkata dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi. IPTEK ada untuk mengembangkan teknologi di Indonesia agar negara semakin maju dan modern. Salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia adalah komunikasi, tanpa adanya komunikasi, manusia tidak dapat berinteraksi dengan baik. Apakah kaitan komunikasi dengan iptek?


Perkembangan teknologi komunikasi ini merupakan suatu siklus yang akan terus-menerus berkembang seiring berjalannya waktu. Perkembangan teknologi komunikasi ini tentu membawa perubahan dalam aspek komunikasi sehari-hari. Kawan cendekiawan pasti tahu betul bukan, kita akan sangat kesulitan apabila hidup tanpa adanya komunikasi dan teknologinya. Kita tak mungkin dapat melakukan hal-hal dalam keseharian tanpa adanya komunikasi yang dijalin oleh umat manusia.

Yukss,kawan cendikw kita belajar mengenai kemajuan komunikasi karena adanya pengaruh perkembangan iptek.
Simakk dulu nihh Vidio dibawah ini:
https://youtu.be/7cmWyXnaZRs?si=l4ERJw-Ve4Ax4OfH

Sobat cendekiawan, kita akan belajar bersama mengenai perkembangan komunikasi. Mari kita ulas bersama sama mengenai bentuk kesederhanaan alat komunikasi dingga menjadi alat canggih seperti sekarang ini.

Lukisan di dinding gua

Alat komunikasi iki terjadi pada masa purba. Yang mengartika suatu tanda atas daerah mereka, tak hanya itu dalam lukisan mengandung nilai religi dan juga mengandung nilai memory atas peristiwa yang manusia purba alami.

Sinyal Asap


Sinyal asap adalah metode komunikasi tertua. Pertama kali digunakan pada tahun 200 SM (SM). Sejarawan Yunani, Polybius, pada tahun 150 SM, menemukan cara menggunakan sinyal asap sesuai alfabet.

Merpati Pos


merpati pos berguna sebagai pengantar surat. Merpati dipilih karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan navigasi tinggi dan naluri alamiah untuk kembali ke sarang. Metode ini pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirimkan pesan sekitar kerajaannya

Sistem surat pos

Sistem pos ini membuat seseorang yang ingin mengirimkan pesan harus mengirimkannya ke orang lain dan akan dikirimkan ke
penerima lewat layanan pos. Dalam sistem pos ini, memerlukan adanya penggunaan kotak surat

Telegram

Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pesan pertamanya dikirim pada 6 Januari 1838.
Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse.

Telephone Kabel

Ditemukan oleh Antonio Santi Giuseppe Meucci atau dikenal dengan nama Antonio Meucci pada 1876. Penemuan telepon dipicu oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin meningkat. Maka tak heran telepon kabel sering disebut telegraf berbicara.komunikasi ini memberikan akses untuk penggunanya dalam mengirimkan suara dan akan diubah menjadi sebuah sinyal. Sinyal tersebut kemudian akan disalurkan menggunakan kabel dan disampaikan kepada penerima.

Surat Elektronik

Mulai dipakai pada 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk dan tersebar seperti saat ini, tetapi surat elektronik ini mampu terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan jaringan mainframeâ. Mulai tahun 1980-an, Surel sudah mulai bisa dipakai oleh umum.

Telephone

Telepon seluler alias ponsel memiliki nama lain seperti handphone atau telepon genggam. Ponsel ini di zaman sekarang sudah berubah menjadi smartphone. Penemuan ponsel terjadi pada tahun 1973 oleh Martin Cooper dari Matorola Corp. Telepon ini kemudian dikenal sebagai telepon genggam generasi pertama atau 1G. Dari model inilah kemudian muncul telepon genggam berikutnya.
Tahun 1990-an generasi kedua atau 2G muncul dengan teknologi GSM dan CDMA. Teknologi ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan SMS (layanan pesan pendek). Ukuran dan berat yang lebih kecil menjadi unggulan teknologi ini. Kini, teknologi telephon genggam sudah mencapai generasi ketiga (3G) bahkan keempat (4G). (tom)


Nahh,gimananih sobat cendekiawan. Orang Dulu tidak mengira akan ada komunikasi jarak jauh yang dapat menampilkan gambar seperti sekarang ini.Apalagi ya perkembangan teknologi untuk zaman berikutnya.
Jangan bosan bosan untuk belajar ya teman teman agar kita tidak jadi kaum yang tertinggal😁.

Penulis :Afrilia isma (01)
Sumber :
https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-perkembangan-teknologi-komunikasi/
https://qualis- indonesia.com/informasi/read/perkembangan-alat-komunikasi-dari-masa-ke-masa
http://Jadiberita.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS