Kamis, 28 September 2023

PENGERTIAN GLOBALISASI

 Pengertian globalisasi 



   Sekarang ini kita sedang hidup di zaman globalisasi. Dimana pada zaman sudah banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi. Seperti kemajuan teknologi yang semakin pesat, transportasi yang kini semakin bervariasi ataupun budaya yang kian mendunia. Jadi, apa itu globalisasi? Disini akan dijelaskan mengenai pengertian globalisasi dari berbagai sumber/tokoh-tokoh. Berikut pengertiannya:


1. ANTHONY GIDDENS



   Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah proses peningkatan hubungan sosial ke tahap dunia yang lebih luas dari suatu tempat lokal ke tempay lain yang lebih jauh atau lebih dekat.


2. PETER DRUCKER



   Menurut peter drucker, globalisasi merupakan sebuah proses istilah menyeluruh untuk berbagi proses yang berada di jantung ekonomi global.


3.  THOMAS L FRIEDMAN





   Menurut Thomas L Friedman, globalisasi ini punya dua dimensi yaitu dimensi ideologi dan teknologi. Dimensi ideologi ini memiliki arti sebuah kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan maksud dari dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang sudah mempersatukan dunia.


4. PRINCETON N LYMAN



   Menurut Princeton N Lyman, globalisasi ialah pertumbuhan yang dangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.


5. ACHMAD SUPARMAN

   Menurut Achmad Suparman, globalisasi adalah sebuah proses menjadikan suatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setuap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.



Penulis : Mifthalia Dinari Tanti_20_XII IPS 3


Sumber : 

Wikipedia.com
Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS