Rabu, 27 September 2023

PERKEMBANGAN SOSIAL MEDIA

PERKEMBANGAN SOSIAL MEDIA

Perkembangan media sosial adalah salah satu contoh perkembangan IPTEK yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Media sosial dalah platform online yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman, keluarga, dan pengikut mereka secara online tanpa dibatasi ruang dan waktu.

>>ASAL MULA MEDIA SOSIAL<<
Awal mula terciptanya media sosial sendiri terjadi pada 24 Mei 1844. Media sosial awalnya adalah serangkaian titik dan garis elektronik yang diketik pada mesin telegraf. Pada waktu itu, Samuel Morse mengirimkan pesan telegraf untuk kali pertama kepada publik.

Akar komunikasi digital menunjuk asal usul internet modern dan pengertian media sosial saat ini dari kemunculan Advanced Research Projects Agency Network (Arpanet) pada 1969.

>>FUNGSI MEDIA SOSIAL<<
Media sosial juga memiliki fungsi loh sobat cendikiawan.. Apa saja sih fungsi media sosial itu? Berikut ini beberapa fungsi dari media sosial:

1. KOMUNIKASI.
Sebelum berkembang seperti sekarang, media sosial itu hanya berfokus pada membangun ekosistem komunikasi, namun seiring berjalannya waktu media sosial menyatukan warga belahan dunia untuk berkumpul dan berkomunikasi tanpa ada batasan waktu dan ruang.

2.MEMPROMOSIKAN MEREK DAN JASA
Setelah adanya jalinan komunikasi media sosial juga berfungsi sebagai platform atau alat untuk mempromosikan merek dan jasa. Dengan memungkinkan suatu lembaga atau perusahaan terhubung dengan konsumen dan pengikutnya secara online.

3. SUMBER INFORMASI
Media sosial berfungsi sebagai sumber informasi yang didalamnya terdapat berbagai topik, berita terkini secara fakta dan juga menjadi sumber perhatian masyarakat.

>>CONTOH MEDIA SOSIAL<<
Ini dia top 5 media sosial beserta jumlah pengguna di Indonesia:
1. YouTube
Siapa sih yang ga kenal YouTube? Tentunya semua orang kalo ditanya tahu YouTube mesti jawabnya "tahu"
YouTube merupakan platform yang dibentuk pada tahun 2005 oleh tiga anak muda dimana didalamnya terdapat berbagai macam video. YouTube juga punya macam-macam jenis seperti YouTube short, YouTube music, YouTube Kids dan sebagainya. Di Indonesia sendiri pengguna YouTube di tahun 2022 telah mencapai 139 juta penggunanya.

2. Facebook
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 bersama rekan-rekan mahasiswa di Harvard College, Amerika Serikat. Pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai 135 juta pada April 2023.

3. TikTok
TikTok juga merupakan platform yang didirikan oleh Zhang Yiming dengan perusahaan ByteDance Technology pada tahun 2016 yang bermarkas di China. Sama seperti YouTube, TikTok juga berisi video. Di Indonesia pengguna TikTok mencapai 113 juta per April 2023.

4. WhatsApp
WhatsApp merupakan platform media sosial di bidang komunikasi. WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton yang sebelumnya menjadi karyawan Yahoo! di California. Di Indonesia, WhatsApp telah digunakan mencapai 112 juta pada 2022.

5. Instagram
Berdasarkan data Napoleon Cat, pengguna Instagram telah mencapai 109 juta. Instagram merupakan jejaring sosial yang dimiliki perusahaan Amerika Meta Platforms yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, Inc.. Instagram dirilis pada 2010. Aplikasi memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto, video dan reels, juta dapat menelusuri pengguna lain.

>>DAMPAK MEDIA SOSIAL<<
Media sosial berdampak di banyak aspek kehidupan. 
Positif:
1. Memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya baik secara dekat maupun jauh.
2. Memperluas akses jaringan
3. Membantu keterampilan di kehidupan sehari-hari.
4. Digunakan sebagai alat berbagi informasi.
5. Mempermudah pekerjaan.
Negatif:
1. Menyebabkan interaksi langsung/tatap muka menurun.
2. Menyebabkan sifat konsumtif dengan adanya platform online shop.
3. Penyebaran berita atau informasi secara hoax.
4. Kecanduan internet.
5. Mengganggu konsentrasi bahkan lebih mementingkan dunia maya daripada dunia nyata.

Sekian materi tentang Perkembangan Media Sosial, semoga bermanfaat hope you like yaa see you...


Penulis: Priskila Paskah Dwijayanti Suwito.
Sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS